CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-UNSUR SIKAP:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia;
  12. Mampu menampilkan sikap yang merefleksikan cara berpikir historis (sadar diri, menghargai waktu, berperspektif jiwa zaman dan visioner).

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-UNSUR PENGETAHUAN:

  1. Mampu menguasai konsep teoretis dan prinsip-prinsip analisis dalam mempelajari karya sejarah;
  2. Mampu memahami secara spesifik kedudukan dan kontribusi berbagai ilmu sosial dalam kajian sejarah;
  3. Mampu mengaplikasikan cara berpikir sejarah dalam mempelajari perkembangan sosial, politik, ekonomi, dan budaya sesuai periodesasi;
  4. Mampu mengkaji berbagai permasalahan dalam sejarah berdasarkan aspek kewilayahan, administratif, sosial, ekonomi, politis, dan etnis kultural serta hubungannya dengan sejarah nasional dan regional;
  5. Mampu menganalisis karakteristik materi dan karakteristik peserta didik untuk pengembangan pembelajaran sejarah kreatif, inovatif, kontekstual, dan ilmiah;
  6. Mampu merancang pendekatan, model, metode mengacu pada perkembangan iptek serta menerapkan evaluasi pembelajaran berdasarkan pada pencapaian aspek belajar;
  7. Mampu menguasai konsep metodologi penelitian bidang sejarah dan pembelajarannya sebagai penyelesaian masalah bidang pendidikan sejarah;
  8. Mampu menyusun karya ilmiah sejarah dan pembelajarannya berdasarkan prinsip-prinsip metode ilmiah secara akuntabel dan dapat dipercaya.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-UNSUR KETERAMPILAN UMUM:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaanyang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
  11. Mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa internasional dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN-UNSUR KETERAMPILAN KHUSUS:

  1. Mampu mengembangan kurikulum sejarah dengan integrasi materi kelokalan sesuai dengan prosedur dan prinsip pengembangannya;
  2. Mampu menunjukkan penguasaan materi, konsep, kaidah dan metode keilmuan bidang sejarah dan pembelajarannya serta disiplin pendukung keilmuan sejarah dan pendidikan sejarah. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. Mampu mempraktikkan keterampilan dasar sebagai guru yang meliputi kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan mengelola proses pembelajaran dan kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran;
  4. Mampu mengaplikasikan metode dalam mempraktikkan penelitian bidang sejarah dan pembelajarannya;
  5. Mampu berkomunikasi dalam kehidupan sosial dan mampu mengantisipasi serta merumuskan solusi atas berbagai permasalahan yang terjadi baik yang terkait bidang keilmuan maupun dalam kehidupan sehari-hari;
  6. Mampu mengembangkan diri untuk memiliki pribadi yang tenang, jujur, stabil, bertanggungjawab, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta mampu menjadi role model bagi peserta didik dan masyarakat.

SEBARAN MATA KULIAH KURIKULUM 2017: